APA ITU GHIBAH?
Image result for Gibah
Bahasa yang sederhana dari ghibah adalah mengumpat, menggunjing, ngerumpi (Ngerumpiin orang lain) atau membicarakan orang lain. Jika menilik makna Ghibah menurut wikipedia adalah demikian
Ghibah adalah menyebutkan sesuatu yang terdapat pada diri seorang muslim, sedang ia tidak suka (jika hal itu disebutkan). Baik dalam keadaan soal jasmaninya, agamanya, kekayaannya, hatinya, ahlaknya, bentuk lahiriyahnya dan sebagainya. Caranya-pun bermacam-macam. Di antaranya dengan membeberkan aib, menirukan tingkah laku atau gerak tertentu dari orang yang dipergunjingkan dengan maksud mengolok-ngolok
Ghibah adalah termasuk dalam dosa besar sesuai dengan firman Allah dalam Al Qur’an yang artinya “Janganlah sebagian kalian menggunjing/ mengghibahi sebagian yang lain. Sukakah salah seorang diantara kalian memakan daging saudaranya yang telah mati ? Maka tentulah kalian merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kalian kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” (Q.S.Al Hujurat : 12).
Tidak semua Ghibah itu tidak diperbolehkan, ada juga Ghibah yang diperbolehkan. Adapaun dengan tujuan tertentu:

  • Mengadukan kedhaliman
  • Meminta bantuan dalam mengingkari kemungkaran atau mengembalikan orang yang bermaksiat ke jalan yang benar
  • Meminta Fatwa
  • Memperingatkan kaum muslimin dari kejelekan dan kejahatan seseorang serta menasehati mereka dari bahayanya
  • Orang yang terang-terangan dalam berbuat kefasikan atau kebid’ahan
7 Cara Mudah Menghindari Ghibah
untuk Menjaga Hubungan Harmonis


Dalam berkomunikasi dengan orang lain biasanya kita membicarakan banyak hal. Berkomunikasi entah itu dilakukan dengan cara berdiskusi atau sekedar ngerumpi bisa membuat kita menjadi senang, bisa mengetahui kabar, bisa mengetahui trend, bahkan bisa tahu isu yang sedang panas..

... namun harus hati-hati. Jika isu panas yang dibahas apalagi itu menyangkut orang dan kepribadian,  jatuhnya bisa ke arah pembicaraan yang ghibah...

Bagaimana cara menghindari ghibah tersebut? Berikut cara sederhana yang bisa anda lakukan.

1. Stop, Jangan Terpancing
Wanita adalah makhluk yang perasa dan secara psikologi, dalam bertindak lebih mendahulukan perasaan daripada pikiran logis..

Dalam berbicara dengan orang lain, wanita akan sangat terpengaruh bahkan semakin tertarik jikalau arah pembicaraan mengarah kepada sifat atau perilaku orang lain..

2. Latih Diri Berpikir Positif
Dikatakan bahwa pikiran itu seperti magnet. Menarik apa saja disekitarnya yang sesuai dengannya..

Jika pikiran itu diibaratkan demikian, maka jika kita terbiasa berpikiran positif maka apa yang kita bicarakan juga akan mengarah kepada hal-hal yang positif...

3. Pakai Dua Kacamata
Kacamata yang satunya digunakan untuk melihat kelebihan orang lain. Sementara kacamata yang lainnya, digunakan untuk melihat kekurangan diri sendiri.

4. Introspeksi Diri
Introspeksi diri berarti mengevalusi diri sendiri atau menilai diri sendiri.

Kita kan ini masih banyak kurangnya dibandingkan baiknya. Kalaupun kita merasa sudah baik, namun jika kita membicarakan hal buruk orang lain. Maka sesungguhnya kita telah menjadi orang buruk itu.

5. Perbaiki Pergaulan
Bergaul itu juga mesti 'pilih-pilih'...

Dalam artian, erat hubungan dengan pergaulan yang baik. Karena, sifat kita bisa terpengaruh dari siapa kita bergaul.

6. Ingat, Dosa dan Bahaya Ghibah
Karena ghibah adalah perbuatan yang haram, maka ada ancaman dari Allah SWT bagi pelaku ghibah.

Dalam hidup ini, agar bisa selamat harus senantiasa hati-hati dan ingat. Bukan sekedar ingat mati.

7. Seribu Teman masih Sedikit, Satu Musuh Sudah Banyak
Ingat, ghibah bisa membuat seseorang bisa saling bermusuhan satu sama lain.

Permusuhan dimulai dengan putusnya hubungan baik, dan berubah menjadi hubungan yang saling menjelek-jelekkan bahkan saling menjatuhkan satu sama lain.

 

Referensi : Academia.edu

Komentar